DPK1:MIKROKONTROLER
DPK1 : MIKROKONTROLER
GURU: Rita Hartati, S.pd,M.T
Nama:Muhammad Esya Nur Hidayat
Kelas:X-TJKT-1
A. Pengertian Mikrokontroler
Mikrokontroler adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengontrol sebuah sistem dengan ukuran kecil dan terintegrasi layaknya sebuah sistem komputer dalah sebuah chip.
Mikrokontroler 4 bit merupakan generasi pertama yang lahir pada tahun 1974 yang di rilis oleh TMS 1000 dilengkapi dengan RAM dan ROM yang dikemas dalam sebuah chip
Mikrokontroler memiliki bagian-bagian penting seperti dalam komputer yaitu:
1. Processor atau yang dikenal sebagai CPU bertugas sebagai otak dari mikrokontroler
2. RAM yang dapat menyimpan memori selama dialiri arus listrik. dapat di ubah berulang-ulang
3. ROM berfungsi membaca nilai memori yang tersimpan
4 Port I/O. merupakan terminal yang dapat digunakan sebagai jalur nilai yang di inputkan pada mirkokontroler dan menghasilkan bentuk sinyal
contoh gambar mirkokontroler:
1. bentuknya kecil dan praktis, mudah di pasang dan copot
2. kemudahan dalam mengubah fngsi dan alur logika program
3. sistem rangkaian elektronika lebih efesien
4. tidak membutuhkan daya listrik yang besar
5. mencari kerusakan atau gangguan fungsi lebih mudah
B. Ariduino
Arduino merupakan rangkaian elektronika yang berbasis mikrokontroler Atmega238P yang berasal dari italia.
Ariduino adalah development board atau papan pengembangan mikrokontroler yang memudah kan pengguna dalah membangun rangkaian elektronika berbasis mikrokontroler dibandingkan membangun rangkaian mulai dari awal
C. Pemongraman Mikrokontroler
Untuk melakukan pemongraman mikrokontroler pada Arduino, Anda harus memahami tentang konsep dan cara kerja penysunan dan penulisan kode program Arduino yaitu bahasa pemograman C. Struktur penulisan bahasa pemograman C mempunyai bagian-bagian yaitu:
1. Header
Header merupakan defini file header. yaitu sebagai rujukan seiap fungsi dan syntax yang digunakan dalam bada kode pemograman C.
Contohnya:
2. Deklarasi
Deklarasi berfungsi untuk menetapkan daftar variabel maupun konstanta yang akan digunakan dalam badan program. Sementara itu, konstanta memiliki nilai yang tetan(konstan).
Komentar berfungsi untuk mengingat sesuatu atau untuk menjelaskan fungsi kode tetapi tidak dieksekusi oleh program. Komentar single line menggunakan kode //, sedangkan komentar lebih satu bari menggunakan kode /*...*/.
Contohnya:
1. Struktur Penulisan
Setiap penulisan program Arduino harus memiliki dua buah fungsi antaralain sebagai berikut:
a. void setup () {}
Pada bagian ini, kode berfungsi hanya di eksekusi sekali saat Arduino mulai
b. void loop () {}
Pada bagian ini, kode berfungsi untuk mengulang eksekusi berkali-kali saat Arduino mulai
2. Aturan penulisan
a. komentar satu baris: //
b. komentar lebih satu batis: /*...*/
c. badan program di simpan dama kurung kurawal {...}
d. setiap akhir baris penulisan kode selalu diakhir dengan (;)
3. Variabel
Variabel merupakan nama buatan yang diberikan untuk menyimpan nilai sementara yang pada nilai tersebut dapat di ubah-ubah sesuai alur programnya
4. Tipe Data
Tipe data merupakan satuan besaran data yang dapat dideklarasikan pada variabel. Contohnya sebagai berikut.
a. Byte, memerlukan memori penyimpanan sebesar 8 bit atau 1 byte dengan nilai 0-255.
b. Int (integer), memerlukan memori penyimpanan sebesar 2 byte dengan kisaran desimal antara -32.768 hingga
c. Long, memerlukan 4 byte memori dan mempunyai rentang nilai dari -2.147.483.648 hingga 2.147.483.647
d. Boolean, merupakan tipe data yang hanya memiliki dua kemungkinan, yaitu true dan false sehingga hanya memerlukan 1 bit memori RAM.
e.Float, digunakan untuk menampung data bertipedesimal (floating point) sebesar 4 byte dengan rentang nilai -3.4028235E+38 sampai 3.4028235E+38. f.
f. Array, merupakan deretan nilai dalam sebuah variabel yang dapat diakses berdasarkan indeksnya. Contohnya:
Merupakan operasi matematik yang dilakukan pada program dan bertipu numerik
Merupakan salah satu teknik kombinasi operator aritmatika dengan variabel, yang sering diterapkan pada sistem perulangan. Contohnya adalah sebagai berikut.
z++; // memiliki kesamaan operasi z=z+1
z--; // memiliki kesamaan operasi z=z-1
z-=a; // memiliki kesamaan operasi z=z-a
z--; // memiliki kesamaan operasi z=z-1
z-=a; // memiliki kesamaan operasi z=z-a
z+=a; // memiliki kesamaan operasi z=z+a
z*=a; // memiliki kesamaan operasi z=z*a
z/=a; // memiliki kesamaan operasi z=z/a
7. Operasi perbandingan
merupakan operasi yang dilakukan untuk membandingkan sebuah logika atau beberapa logika yang keluarannya adalah tipe data Boolean.
merupakan operasi yang dilakukan untuk membandingkan dua atau lebih ekspresi. Keluaran yang dihasilkan dapat bernilai true atau false. Dalam Arduino, ada tiga jenis operator logika, antara lain sebagai berikut.
a. &&:
b. || :
c. ! :
Komentar
Posting Komentar