DPK3 LKPD 3 KOMPONEN INPUT DAN OUTPUT

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DPK TJKT KELAS X

ELEMEN : Orientasi dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi 

 

Nama Kelompok

 Kelompok Merah-tua (Para Pemuda Sigma)

Kelas

 X TJKT-1

Anggota Kelompok

 Denis Herdiansyah

 

 Muhammad Alvaro Abrar

 

 Rakha Bagas Saputra

 

 M.Esya Nur Hidayat

 

 FADLAN

 

 

 

 

A.     Capaian Pembelajaran Elemen

Pada akhir fase E, peserta didik mampu menggunakan peralatan/teknologi di bidang jaringan komputer dan telekomunikasi antara lain komputer, router, manageable switch, OTDR, firewall, server, dll.

 

B.      Profil Pelajar Pancasila :

Gotong-royong, bernalar kritis

 

C.     Tujuan Pembelajaran :

1.     Memahami komponen perangkat input dan output

 

D.     ATP

Setelah melihat video dan materi presentasi, Peserta didik mampu menyajikan data hasil pengamatan terhadap komponen perangkat input dan output dengan benar

 

E.      Materi

Komponen perangkat input dan output

 

F.      Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan pada pembelajaran ini adalah:

1.       LKPD Peserta Didik DPK TJKT Kelas X Materi Sistem Komputer

2.       Internet

3.       Aplikasi Whatsapp, Google Form, Google Class Room

 

G.     Langkah Kerja

1.       Kerjakan soal dengan mengikuti instruksi yang diberikan langsung pada halaman LKPD dan masing- masing soal.

2.       Kerjakan LKPD, kemudian hasil pengerjaan (.ppt / .doc) silahkan di upload via Link Google Form yang telah disediakan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

H.     Soal

 

1.       Simak, perhatikan, dan catat point-point penting dari video yang di tayangkan oleh guru ! https://youtu.be/r5pnOxQz6zo

Di sebuah kota besar terdapat perusahaan teknologi besar bernama Teko Net. Perusahaan tersebut bergerak dibidang teknologi yang fokus pada pengembangan perangkat keras komputer, pada perusahaan tersebut terdapat seorang karyawan yang bernama Dian, Dian seorang ahli perangkat input dan output (I/O).

Dian telah melakukan serangkaian pengamatan terhadap komponen-komponen perangkat input dan output. Dian telah mengumpulkan data tentang kinerja berbagai jenis perangkat input seperti keyboard, mouse, dan perangkat input lainnya, serta perangkat output seperti layar monitor, printer, dan speaker. Namun, ketika Dian mencoba menyajikan data ini kepada tim pengembangan produk, dia menghadapi beberapa permasalahan yang menantang.

Permasalahan utama yang dihadapi Dian adalah kesulitan dalam menyajikan data dengan cara yang menyoroti perbedaan kinerja antara berbagai jenis perangkat input dan output. Data yang dikumpulkan mencakup berbagai metrik, seperti kecepatan respon, akurasi, dan efisiensi, tetapi menyajikan informasi ini secara rapi dan mudah dipahami menjadi tantangan tersendiri.

Strategi apa yang akan diterapkan Dian ?, Sehingga Rian dapat berhasil menyajikan data hasil pengamatannya terhadap komponen perangkat input dan output dengan cara yang lebih efektif kepada tim pengembangan produk. Dan Tim dapat menggunakan informasi ini untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam merancang perangkat keras yang lebih efisien dan dapat diandalkan.

Apabila anda menjadi seorang RIAN, apa yang seharusnya dilakukan untuk menyelesikan masalah ini !

Dari cerita diatas, dapatkah anda menyajikan (C4) data hasil pengamatan terhadap komponen perangkat input dan output dengan benar

Cara Kerja : ( Sintak PBL )

1.       Amati dan cermati video yang dipaparkan oleh guru (Orientasi Peserta Didik pada masalah)

2.       Bentuklah kelompok dengan jumlah siswa 4-5 ! (Mengelompokan peserta didik)

3.       Catat point-point penting ataupun hal-hal yang ingin ditanyakan (Membimbing)

4.       Lakukan pencarian menggunakan search engine Google yang ada di HP kalian atau komputer lab untuk menyajikan (C4) data hasil pengamatan terhadap komponen perangkat input dan output ? (Menyajikan)

5.       Presentasikanlah di depan kelas (Mengevalusai)

 

 

Jawaban :

 

 

 

Jika kami menjadi Dian maka kami akan mengelompokkan produk produk tersebut berdasarkan fungsi perangkat input dan output, lalu kami melakukan pengujian terhadap produk tersebut untuk mencari data yang diperlukan,Setelah itu kami akan memvisualisasi data perbedaan kinerja tersebut menggunakan tabel serta grafik data,dan kami akan memastikan bahwa data tersebut dapat dipahami bahkan oleh orang yang tidak memiliki latar belakang IT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


1.       Amati dengan seksama presentasi dari kelompok lain, tuliskan tanggapan/saran untuk penjelasan yang disampaikan oleh kelompok tersebut dengan bahasa yang baik

 

No

Nama Kelompok

yang Tampil

Tanggapan/Saran

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

a.    Rubrik Penilaian Sikap

   Indikator

Aspek Pengamatan

Skor

Disiplin

Hadir tepat waktu

3, Jika ketiga  aspek dilakukan

Pengumpulan tugas tepat waktu

2, Jika Dua aspek dilakukan

Tertib mengikuti pelajaran

1, Jika ketiga  aspek dilakukan

Tanggung Jawab

Mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh

3, Jika ketiga  aspek dilakukan

Mengakui kesalahan

2, Jika Dua aspek dilakukan

Selalu melaksanakan amanat atau perintah

1, Jika ketiga  aspek dilakukan

                  Nilai Sikap : 3=Baik, 2=Cukup dan 1 =Kurang

 x 100%

Instrumen Penilaian Sikap


 

a.    Rubrik Penilaian Presentasi Kelompok

Nama Kelompok         :

Waktu Presentasi       :

Materi                       :

Anggota                     :

No

Kriteria Penilaian

Kurang

20-39

Cukup

40-59

Baik

60-79

Sangat Baik

80-100

1

Penguasaaan Materi

 

 

 

 

2

Alat Peraga & Presentasi

 

 

 

 

3

Kekompakan Pembagaian Kerja

 

 

 

 

4

Pernyampaian

 

 

 

 

                                                                                Nilai Sikap: 3=Baik, 2=Cukup dan 1 =Kurang

                                                             Nilai = x 100%

 

Komentar

Postingan Populer