DPK3 LKPD 3 KOMPONEN INPUT DAN OUTPUT
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DPK TJKT KELAS X
ELEMEN : Orientasi
dasar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi
Nama Kelompok |
Kelompok Merah-tua (Para Pemuda Sigma) |
Kelas |
X TJKT-1 |
Anggota Kelompok |
Denis Herdiansyah |
|
Muhammad Alvaro
Abrar |
|
Rakha Bagas
Saputra |
|
M.Esya Nur Hidayat |
|
FADLAN |
|
|
A. Capaian
Pembelajaran Elemen
Pada akhir fase E,
peserta didik mampu menggunakan peralatan/teknologi di bidang jaringan komputer
dan telekomunikasi antara lain komputer, router, manageable switch, OTDR,
firewall, server, dll.
B. Profil
Pelajar Pancasila :
Gotong-royong, bernalar kritis
C.
Tujuan Pembelajaran :
1. Memahami komponen
perangkat input dan output
D. ATP
Setelah melihat
video dan materi presentasi, Peserta didik mampu menyajikan data hasil pengamatan terhadap komponen perangkat input
dan output dengan benar
E.
Materi
Komponen perangkat input dan output
F.
Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan
pada pembelajaran ini adalah:
1. LKPD Peserta Didik DPK TJKT Kelas X Materi Sistem Komputer
2. Internet
3. Aplikasi Whatsapp, Google Form, Google Class Room
G.
Langkah Kerja
1. Kerjakan soal dengan mengikuti instruksi yang diberikan
langsung pada halaman LKPD dan masing- masing soal.
2. Kerjakan LKPD, kemudian hasil pengerjaan (.ppt / .doc)
silahkan di upload via Link Google Form yang telah disediakan
H.
Soal
1.
Simak, perhatikan, dan catat point-point penting dari
video yang di tayangkan oleh guru ! https://youtu.be/r5pnOxQz6zo
Di
sebuah kota besar terdapat perusahaan teknologi besar bernama Teko Net.
Perusahaan tersebut bergerak dibidang teknologi yang fokus pada pengembangan
perangkat keras komputer, pada perusahaan tersebut terdapat seorang karyawan
yang bernama Dian, Dian seorang ahli perangkat input dan output (I/O).
Dian
telah melakukan serangkaian pengamatan terhadap komponen-komponen perangkat
input dan output. Dian telah mengumpulkan data tentang kinerja berbagai jenis
perangkat input seperti keyboard, mouse, dan perangkat input lainnya, serta
perangkat output seperti layar monitor, printer, dan speaker. Namun, ketika
Dian mencoba menyajikan data ini kepada tim pengembangan produk, dia menghadapi
beberapa permasalahan yang menantang.
Permasalahan
utama yang dihadapi Dian adalah kesulitan dalam menyajikan data dengan cara
yang menyoroti perbedaan kinerja antara berbagai jenis perangkat input dan
output. Data yang dikumpulkan mencakup berbagai metrik, seperti kecepatan
respon, akurasi, dan efisiensi, tetapi menyajikan informasi ini secara rapi dan
mudah dipahami menjadi tantangan tersendiri.
Strategi
apa yang akan diterapkan Dian ?, Sehingga Rian dapat berhasil menyajikan data
hasil pengamatannya terhadap komponen perangkat input dan output dengan cara
yang lebih efektif kepada tim pengembangan produk. Dan Tim dapat menggunakan
informasi ini untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam merancang perangkat
keras yang lebih efisien dan dapat diandalkan.
Apabila
anda menjadi seorang RIAN, apa yang seharusnya dilakukan untuk menyelesikan
masalah ini !
Dari
cerita diatas, dapatkah anda menyajikan (C4) data hasil pengamatan terhadap
komponen perangkat input dan output dengan benar
Cara Kerja : (
Sintak PBL )
1.
Amati dan cermati video
yang dipaparkan oleh guru (Orientasi
Peserta Didik pada masalah)
2.
Bentuklah kelompok
dengan jumlah siswa 4-5 ! (Mengelompokan
peserta didik)
3.
Catat point-point
penting ataupun hal-hal yang ingin ditanyakan (Membimbing)
4. Lakukan pencarian menggunakan search engine Google yang ada
di HP kalian atau komputer lab untuk menyajikan (C4) data hasil
pengamatan terhadap komponen perangkat input dan output ? (Menyajikan)
5. Presentasikanlah di depan kelas (Mengevalusai)
Jawaban :
Jika kami menjadi
Dian maka kami akan mengelompokkan produk produk tersebut berdasarkan fungsi
perangkat input dan output, lalu kami melakukan pengujian terhadap produk
tersebut untuk mencari data yang diperlukan,Setelah itu kami akan
memvisualisasi data perbedaan kinerja tersebut menggunakan tabel serta grafik
data,dan kami akan memastikan bahwa data tersebut dapat dipahami bahkan oleh
orang yang tidak memiliki latar belakang IT
1.
Amati dengan seksama
presentasi dari kelompok lain, tuliskan tanggapan/saran untuk penjelasan yang
disampaikan oleh kelompok tersebut dengan bahasa yang baik
No |
Nama Kelompok yang Tampil |
Tanggapan/Saran |
1 |
|
|
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
a.
Rubrik Penilaian Sikap
Indikator
|
Aspek Pengamatan |
Skor |
Disiplin |
Hadir tepat waktu |
3, Jika ketiga aspek dilakukan |
Pengumpulan tugas tepat waktu |
2, Jika Dua aspek dilakukan |
|
Tertib mengikuti pelajaran |
1, Jika ketiga aspek dilakukan |
|
Tanggung Jawab |
Mengerjakan tugas dengan
sungguh-sungguh |
3, Jika ketiga aspek dilakukan |
Mengakui kesalahan |
2, Jika Dua aspek dilakukan |
|
Selalu melaksanakan amanat atau
perintah |
1, Jika ketiga aspek dilakukan |
Nilai Sikap : 3=Baik, 2=Cukup
dan 1 =Kurang
x 100%
Instrumen
Penilaian Sikap
a.
Rubrik Penilaian
Presentasi Kelompok
Nama
Kelompok :
Waktu
Presentasi :
Materi
:
Anggota :
No |
Kriteria Penilaian |
Kurang 20-39 |
Cukup 40-59 |
Baik 60-79 |
Sangat
Baik 80-100 |
1 |
Penguasaaan
Materi |
|
|
|
|
2 |
Alat
Peraga & Presentasi |
|
|
|
|
3 |
Kekompakan
Pembagaian Kerja |
|
|
|
|
4 |
Pernyampaian |
|
|
|
|
Nilai
Sikap: 3=Baik, 2=Cukup dan 1 =Kurang
Nilai = x 100%
Komentar
Posting Komentar