DPK3 LKPD16 RADIO WIRELESS
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DPK
TJKT KELAS X
ELEMEN : Orientasi dasar
teknik jaringan komputer dan telekomunikasi
Nama Kelompok |
KKBN |
Kelas |
X-TJKT-1 |
Anggota Kelompok |
1 M.Esya |
|
2 FADLAN |
|
3 Rakha Bagas |
|
4 Denis |
|
5 Alvaro |
|
6 |
A. Capaian Pembelajaran Elemen
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menggunakan
peralatan/teknologi di bidang jaringan komputer dan telekomunikasi antara lain
komputer, router, manageable switch, OTDR, firewall, server, dll.
B. Profil Pelajar
Pancasila :
Gotong-royong, bernalar kritis
C.
Tujuan Pembelajaran
:
1.
Memilih
Radio Wireless untuk jaringan
D. ATP
1.
Setelah melihat video dan materi
presentasi, peserta
didik mampu memilih
pita frekuensi yang akan digunakan dalam jaringan WLAN (Wireless Local Area
Network) dengan baik dan benar
E. Materi
Pita Frekuensi
F. Alat
dan Bahan
Alat
dan bahan yang digunakan pada pembelajaran ini adalah:
1. LKPD Peserta Didik DPK TJKT
Kelas X Materi Pita
Frekuensi
2.
Internet
3.
Aplikasi
Whatsapp, Google Form, Google Class Room
G. Langkah Kerja
1.
Kerjakan
soal dengan mengikuti instruksi yang diberikan langsung pada halaman LKPD dan
masing- masing soal.
2. Kerjakan LKPD, kemudian hasil
pengerjaan (.ppt / .doc) silahkan di upload via Link Google Form yang telah disediakan
H. Soal
1.
Simak, perhatikan,
dan catat point-point penting dari video yang di tanyangkan oleh guru !
https://...........................................................................
Andi
adalah seorang administrator jaringan di perusahaan fiksi
"WirelessTech." Andi bertanggung jawab untuk mengimplementasikan
jaringan WLAN yang dapat digunakan oleh seluruh karyawan di kantor pusat
perusahaan. Namun, Andi dihadapkan pada permasalahan memilih pita frekuensi
yang paling cocok. Apa saja permasalahan yang mungkin Andi hadapi dalam memilih
pita frekuensi ini dan bagaimana Andi akan mengatasinya?
Pemilihan pita frekuensi dalam jaringan WLAN adalah keputusan kunci yang
dapat memengaruhi kinerja jaringan dan tingkat interferensi dengan jaringan
WLAN lainnya. Beberapa permasalahan yang mungkin muncul :
1. Kepadatan
Perangkat: pada kantor andi memiliki banyak perangkat yang terhubung ke
jaringan WLAN, sehingga kepadatan dapat muncul / terjadi !
2.
Interferensi: Terjadi interferensi dikarenakan ada
jaringan WLAN lain yang beroperasi di sekitar kantor Andi
3.
Jangkauan yang lebih luas
4.
Kecepatan lebih tinggi dan kapasitas besar
5.
Perangkat yang mendukung
6.
Perizinan dan Regulasi
7.
Redudansi apabila terjadi masalah pada satu pita
8.
Pemeliharaan dan manajemen
Apabila anda menjadi
seorang administrator jaringan, keputusan apa yang akan anda lakukan untuk
mengatasi masalah diatas !
Dari cerita diatas, dapatkah anda
memilih
pita frekuensi yang akan digunakan dalam jaringan WLAN ?
Cara Kerja : ( Sintak PBL
)
1.
Amati dan cermati video yang dipaparkan oleh guru (Orientasi Peserta Didik pada masalah)
2.
Bentuklah kelompok dengan jumlah siswa 4-5 ! (Mengelompokan peserta didik)
3.
Catat point-point penting ataupun hal-hal yang ingin ditanyakan (Membimbing)
4. Lakukan
pencarian menggunakan search engine Google yang ada di HP kalian atau komputer lab cara untuk
memilih [c6] pita frekuensi
yang akan digunakan dalam jaringan WLAN ! (Menyajikan)
5.
Presentasikanlah di
depan kelas (Mengevalusai)
Jawaban :
Tentu saja! Memilih pita frekuensi
yang tepat untuk jaringan WLAN di perusahaan "WirelessTech" adalah
langkah penting yang dapat mempengaruhi kinerja dan stabilitas jaringan. Mari
kita bahas beberapa permasalahan yang mungkin dihadapi Andi dan solusi yang
dapat diterapkan.
Permasalahan yang Mungkin Dihadapi
Andi
1. Kepadatan Perangkat: Banyak
perangkat yang terhubung dapat menyebabkan kemacetan jaringan.
2. Interferensi: Jaringan WLAN
lain di sekitar dapat mengganggu sinyal.
3. Jangkauan yang Lebih Luas:
Memilih pita frekuensi yang memberikan jangkauan yang cukup untuk seluruh area
kantor.
4. Kecepatan Lebih Tinggi dan
Kapasitas Besar: Memastikan kecepatan yang memadai untuk semua pengguna.
5. Perangkat yang Mendukung:
Memastikan semua perangkat yang digunakan mendukung pita frekuensi yang
dipilih.
6. Perizinan dan Regulasi:
Mematuhi peraturan yang berlaku terkait penggunaan pita frekuensi.
7. Redudansi: Memastikan ada
alternatif jika satu pita mengalami masalah.
8. Pemeliharaan dan Manajemen:
Memudahkan pemeliharaan dan pengelolaan jaringan.
Solusi untuk Mengatasi Permasalahan
Untuk mengatasi masalah di atas,
Andi dapat mempertimbangkan langkah-langkah berikut:
- Pilih Pita Frekuensi yang Tepat:
- 2.4 GHz: Memiliki jangkauan yang lebih luas tetapi kecepatan lebih
rendah. Cocok untuk area dengan banyak dinding atau penghalang.
- 5 GHz: Menawarkan kecepatan lebih tinggi dan kapasitas lebih besar,
tetapi jangkauannya lebih pendek. Ideal untuk area terbuka dengan banyak
perangkat.
- 6 GHz: Jika perangkat mendukung, ini dapat memberikan kecepatan dan
kapasitas yang lebih baik dengan lebih sedikit interferensi.
- Analisis Lingkungan:
- Lakukan survei untuk mengidentifikasi area dengan interferensi tinggi
dan kepadatan perangkat. Gunakan alat pemantauan untuk menganalisis penggunaan
saluran.
- Pengaturan Saluran:
- Pilih saluran yang tidak tumpang tindih dengan jaringan lain. Untuk
2.4 GHz, gunakan saluran 1, 6, dan 11. Untuk 5 GHz, pilih saluran yang lebih
jauh dari yang digunakan oleh jaringan lain.
- Implementasi Teknologi MIMO:
- Gunakan router dan perangkat yang mendukung MIMO (Multiple Input
Multiple Output) untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan.
- Redundansi:
- Siapkan jaringan cadangan dengan menggunakan kedua pita frekuensi (2.4
GHz dan 5 GHz) untuk memastikan konektivitas yang stabil.
- Pendidikan Pengguna:
- Berikan pelatihan kepada karyawan tentang cara menggunakan jaringan
dengan efisien dan aman.
Dengan langkah-langkah ini, Andi
dapat memilih pita frekuensi yang paling sesuai untuk jaringan WLAN di
"WirelessTech".
1.
Amati dengan seksama
presentasi dari kelompok
lain, tuliskan tanggapan/saran untuk penjelasan yang disampaikan oleh kelompok tersebut dengan
bahasa yang baik
No |
Nama Kelompok yang Tampil |
Tanggapan/Saran |
1 |
|
|
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
a. Rubrik
Penilaian Sikap
Indikator |
Aspek
Pengamatan |
Skor |
Disiplin |
Hadir tepat waktu |
3, Jika ketiga aspek dilakukan |
Pengumpulan tugas tepat waktu |
2, Jika Dua aspek dilakukan |
|
Tertib mengikuti pelajaran |
1, Jika ketiga aspek dilakukan |
|
Tanggung Jawab |
Mengerjakan tugas dengan
sungguh-sungguh |
3, Jika ketiga aspek dilakukan |
Mengakui kesalahan |
2, Jika Dua aspek dilakukan |
|
Selalu melaksanakan amanat atau
perintah |
1, Jika ketiga aspek dilakukan |
Nilai
Sikap : 3=Baik, 2=Cukup dan 1 =Kurang
Instrumen
Penilaian Sikap
a. Rubrik
Penilaian Presentasi Kelompok
Nama Kelompok :
Waktu Presentasi :
Materi :
Anggota :
No |
Kriteria
Penilaian |
Kurang 20-39 |
Cukup 40-59 |
Baik 60-79 |
Sangat
Baik 80-100 |
1 |
Penguasaaan
Materi |
|
|
|
|
2 |
Alat
Peraga & Presentasi |
|
|
|
|
3 |
Kekompakan
Pembagaian Kerja |
|
|
|
|
4 |
Pernyampaian |
|
|
|
|
Nilai
Sikap: 3=Baik, 2=Cukup dan 1 =Kurang
Nilai
=
Komentar
Posting Komentar