DPK3 LPKD26 MERANCANG JARINGAN LOKAL
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DPK
TJKT KELAS X
ELEMEN : Keselamatan dan
Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri
Nama Kelompok |
KKBI |
Kelas |
X-TJKT-1 |
Anggota Kelompok |
1 M.Esya |
|
2 FADLAN |
|
3 Rakha Bagas |
|
4 Denis |
|
5 Alvaro |
|
6 |
A. Capaian Pembelajaran Elemen
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menggunakan
alat ukur, termasuk pemeliharaan alat ukur untuk seluruh jaringan komputer dan
sistem telekomunikasi.
B. Profil Pelajar
Pancasila :
Gotong-royong, bernalar kritis
C.
Tujuan Pembelajaran
:
1.
Menganalisis
Tahapan Perancangan dan Pengembangan Jaringan
D. Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
(IKTP)
A
(audience), B (
Behavior ), C (
Condition ), D ( Degre )
1. Setelah melihat video dan materi presentasi, peserta didik mampu menghubungkan antar
work-group pada jaringan LAN dengan baik dan benar
E. Materi
Merancang jaringan
F. Alat
dan Bahan
Alat
dan bahan yang digunakan pada pembelajaran ini adalah:
1.
LKPD Peserta
Didik DPK TJKT Kelas
X Merancang Jaringan
2.
Internet
3.
Aplikasi
Whatsapp, Google Form, Google Class Room
G. Langkah Kerja
1.
Kerjakan
soal dengan mengikuti instruksi yang diberikan langsung pada halaman LKPD dan
masing- masing soal.
2. Kerjakan LKPD, kemudian hasil
pengerjaan (.ppt /.doc) silahkan di upload via Link Google Form yang telah
disediakan
H. Soal
1.
Simak, perhatikan, dan catat point-point penting
dari video yang di tanyangkan oleh guru !
https://youtu.be/_SKoQGXch2E
Pada suatu hari, di suatu kota,
terdapat Sekolah Menengah Teknik (SMT), Sekolah Menengah Teknik (SMT) adalah
sebuah lembaga pendidikan yang terdiri dari tiga divisi utama: Divisi Teknik
Mesin, Divisi Teknik Elektro, dan Divisi Teknik Informatika. Pada tiap tiap
divisi memiliki 1 unit PC. Namun direncanakan hanya terdapat 1 unit printer
saja, pada salah satu divisi saja.
Setiap divisi memiliki
kebutuhan unik dalam hal pencetakan dokumen dan mereka ingin merancang sebuah
jaringan yang memungkinkan sharing printer di dalam setiap divisi tersebut. Namun,
mereka mengalami beberapa tantangan dalam merancang jaringan tersebut.
Masalah utama yang
dihadapi adalah bagaimana merancang jaringan agar setiap divisi dapat mengakses
printer secara efisien sambil mempertahankan keamanan dan pengaturan yang
sesuai dengan kebutuhan spesifik divisi tersebut. Tantangan yang dimaksud
diantara nya :
·
Mengidentifikasi
kebutuhan setiap divisi
·
Perencanaan
Topologi jaringan
·
Pemilihan
printer yang sesuai
·
Konfigurasi
printer
·
Pengaturan
keamanan
·
Pengelolaan
sumber daya printer
·
Pengujian
dan pelatihan
Langkah apa yang akan dilakukan
SMT, sehingga SMT dapat merancang dan membangun jaringan yang memungkinkan
sharing printer di setiap divisi dengan efisien dan aman. Hal ini akan membantu
meningkatkan produktivitas dan kemudahan akses bagi staf dan siswa dalam
mencetak dokumen sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi.
Apabila anda menjadi
Teknisi pada SMT, apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi tantangan diatas?
Dari cerita diatas, dapatkah anda menghubungkan antar work-group pada jaringan LAN dengan baik
dan benar !
Cara Kerja
: ( Sintak PBL )
1. Amati dan cermati video yang dipaparkan oleh guru (Orientasi Peserta Didik pada masalah)
2. Bentuklah kelompok dengan jumlah siswa 4-5 ! (Mengelompokan peserta didik)
3. Catat point-point penting ataupun hal-hal yang ingin ditanyakan (Membimbing)
4. Lakukan pencarian menggunakan
search engine Google yang ada di HP kalian atau komputer lab cara untuk
menghubungkan antar work-group pada jaringan LAN ! (Menyajikan)
5.
Presentasikanlah di depan
kelas (Mengevalusai)
Jawaban :
1. Identifikasi Kebutuhan
Setiap Divisi
Saya akan melakukan analisis kebutuhan untuk setiap divisi terkait
pencetakan dokumen, misalnya:
- Divisi Teknik
Mesin: Mungkin lebih sering mencetak gambar teknik dan blueprint.
- Divisi Teknik
Elektro: Bisa jadi membutuhkan pencetakan laporan atau dokumen
dengan diagram kelistrikan.
- Divisi Teknik
Informatika: Mungkin lebih sering mencetak kode program atau
dokumentasi.
Dari kebutuhan tersebut, saya bisa menentukan printer dengan spesifikasi
yang tepat.
2. Perencanaan Topologi
Jaringan
Saya akan menggunakan topologi star (bintang) untuk
memudahkan pengelolaan jaringan dan sharing printer. Struktur ini memungkinkan
setiap unit PC terhubung ke switch, yang juga terhubung ke printer.
Topologi dasar:
- PC di setiap
divisi akan terhubung ke switch utama.
- Printer akan
dihubungkan ke salah satu divisi, misalnya di Divisi Teknik
Informatika karena biasanya memiliki keahlian dalam pengelolaan IT.
- Semua perangkat akan
menggunakan IP yang terorganisir dalam satu subnet untuk
memudahkan komunikasi antar divisi.
3. Pemilihan Printer yang
Sesuai
Saya akan memilih printer yang memiliki fitur berikut:
- Dukungan
jaringan (wired/Wi-Fi/Ethernet)
- Mendukung berbagai
format cetak yang dibutuhkan setiap divisi.
- Kecepatan cetak
tinggi agar tidak menghambat pekerjaan.
- Dukungan untuk
sharing dalam jaringan LAN.
Contoh: Printer Laser dengan fitur Ethernet/Wi-Fi agar
mudah dikonfigurasi di jaringan.
4. Konfigurasi Printer dalam
Jaringan
Saya akan melakukan konfigurasi printer agar bisa diakses oleh semua PC di
setiap divisi:
- Memberikan IP
statis untuk printer, misalnya 192.168.1.100.
- Menjadikan
printer sebagai printer jaringan, sehingga bisa digunakan oleh
semua PC.
- Menggunakan
print server jika diperlukan untuk manajemen yang lebih baik.
- Instalasi driver
printer pada semua PC agar mereka bisa mencetak dengan lancar.
5. Pengaturan Keamanan
Untuk memastikan keamanan jaringan printer:
- Membatasi akses
hanya ke PC dalam jaringan SMT.
- Mengatur hak
akses berdasarkan divisi, misalnya hanya staf tertentu yang bisa
mencetak dalam jumlah besar.
- Menggunakan
firewall dan VLAN (Virtual LAN) untuk membatasi akses antar
divisi jika diperlukan.
6. Pengelolaan Sumber Daya
Printer
- Mengaktifkan
fitur print queue agar antrean pencetakan tidak menyebabkan
bottleneck.
- Memantau
penggunaan printer dengan print log untuk mencegah
penyalahgunaan.
- Menjadwalkan
pemeliharaan rutin untuk menghindari masalah teknis.
7. Pengujian dan Pelatihan
- Melakukan uji
coba pencetakan dari setiap divisi untuk memastikan koneksi
berjalan dengan baik.
- Memberikan
pelatihan kepada staf dan siswa tentang cara menggunakan printer
dengan efisien.
- Menyediakan
panduan troubleshooting sederhana untuk mengatasi masalah umum.
Menghubungkan Work-Group pada
Jaringan LAN
Untuk memastikan setiap divisi dapat terhubung dengan baik dalam satu
jaringan LAN, saya akan:
- Menggunakan
switch terpusat untuk menghubungkan semua PC dalam jaringan
lokal.
- Mengonfigurasi
alamat IP dalam satu subnet, misalnya:
- Teknik
Mesin: 192.168.1.10
- Teknik
Elektro: 192.168.1.20
- Teknik
Informatika: 192.168.1.30
- Printer:
192.168.1.100
- Menggunakan
shared folder di jaringan untuk penyimpanan sementara sebelum
pencetakan.
- Menambahkan
printer di setiap komputer melalui alamat IP statis printer.
1.
Amati dengan seksama
presentasi dari kelompok
lain, tuliskan tanggapan/saran untuk penjelasan yang disampaikan oleh kelompok tersebut dengan
bahasa yang baik
No |
Nama Kelompok yang Tampil |
Tanggapan/Saran |
1 |
|
|
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
a. Rubrik
Penilaian Sikap
Indikator |
Aspek
Pengamatan |
Skor |
Disiplin |
Hadir tepat waktu |
3, Jika ketiga aspek dilakukan |
Pengumpulan tugas tepat waktu |
2, Jika Dua aspek dilakukan |
|
Tertib mengikuti pelajaran |
1, Jika ketiga aspek dilakukan |
|
Tanggung Jawab |
Mengerjakan tugas dengan
sungguh-sungguh |
3, Jika ketiga aspek dilakukan |
Mengakui kesalahan |
2, Jika Dua aspek dilakukan |
|
Selalu melaksanakan amanat atau perintah |
1, Jika ketiga aspek dilakukan |
Nilai
Sikap : 3=Baik, 2=Cukup dan 1 =Kurang
Instrumen
Penilaian Sikap
a. Rubrik
Penilaian Presentasi Kelompok
Nama Kelompok :
Waktu Presentasi :
Materi :
Anggota :
No |
Kriteria
Penilaian |
Kurang 20-39 |
Cukup 40-59 |
Baik 60-79 |
Sangat
Baik 80-100 |
1 |
Penguasaaan
Materi |
|
|
|
|
2 |
Alat
Peraga & Presentasi |
|
|
|
|
3 |
Kekompakan
Pembagaian Kerja |
|
|
|
|
4 |
Pernyampaian |
|
|
|
|
Nilai
Sikap: 3=Baik, 2=Cukup dan 1 =Kurang
Nilai
=
Komentar
Posting Komentar