DPK3 LPKD26 MERANCANG JARINGAN LOKAL

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DPK TJKT KELAS X

ELEMEN : Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Hidup (K3LH) dan budaya kerja industri 

 

Nama Kelompok

 KKBI

Kelas

 X-TJKT-1

Anggota Kelompok

1 M.Esya

 

2 FADLAN

 

3 Rakha Bagas

 

4 Denis

 

5 Alvaro

 

6

 

A.     Capaian Pembelajaran Elemen

Pada akhir fase E, peserta didik mampu menggunakan alat ukur, termasuk pemeliharaan alat ukur untuk seluruh jaringan komputer dan sistem telekomunikasi.

 

B.      Profil Pelajar Pancasila :

Gotong-royong, bernalar kritis

 

C.     Tujuan Pembelajaran :

1.       Menganalisis Tahapan Perancangan dan Pengembangan Jaringan

 

D.     Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP)

A (audience), B ( Behavior ), C ( Condition ), D ( Degre )

1.       Setelah melihat video dan materi presentasi, peserta didik mampu menghubungkan antar work-group pada jaringan LAN  dengan baik dan benar

E.      Materi

Merancang jaringan

 

F.      Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan pada pembelajaran ini adalah:

1.       LKPD Peserta Didik DPK TJKT Kelas X Merancang Jaringan

2.       Internet

3.       Aplikasi Whatsapp, Google Form, Google Class Room

 

G.     Langkah Kerja

1.       Kerjakan soal dengan mengikuti instruksi yang diberikan langsung pada halaman LKPD dan masing- masing soal.

2.       Kerjakan LKPD, kemudian hasil pengerjaan (.ppt /.doc) silahkan di upload via Link Google Form yang telah disediakan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

H.     Soal

 

1.       Simak, perhatikan, dan catat point-point penting dari video yang di tanyangkan oleh guru !

https://youtu.be/_SKoQGXch2E

Pada suatu hari, di suatu kota, terdapat Sekolah Menengah Teknik (SMT), Sekolah Menengah Teknik (SMT) adalah sebuah lembaga pendidikan yang terdiri dari tiga divisi utama: Divisi Teknik Mesin, Divisi Teknik Elektro, dan Divisi Teknik Informatika. Pada tiap tiap divisi memiliki 1 unit PC. Namun direncanakan hanya terdapat 1 unit printer saja, pada salah satu divisi saja.

Setiap divisi memiliki kebutuhan unik dalam hal pencetakan dokumen dan mereka ingin merancang sebuah jaringan yang memungkinkan sharing printer di dalam setiap divisi tersebut. Namun, mereka mengalami beberapa tantangan dalam merancang jaringan tersebut.

Masalah utama yang dihadapi adalah bagaimana merancang jaringan agar setiap divisi dapat mengakses printer secara efisien sambil mempertahankan keamanan dan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik divisi tersebut. Tantangan yang dimaksud diantara nya :

·         Mengidentifikasi kebutuhan setiap divisi

·         Perencanaan Topologi jaringan

·         Pemilihan printer yang sesuai

·         Konfigurasi printer

·         Pengaturan keamanan

·         Pengelolaan sumber daya printer

·         Pengujian dan pelatihan

Langkah apa yang akan dilakukan SMT, sehingga SMT dapat merancang dan membangun jaringan yang memungkinkan sharing printer di setiap divisi dengan efisien dan aman. Hal ini akan membantu meningkatkan produktivitas dan kemudahan akses bagi staf dan siswa dalam mencetak dokumen sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi.

Apabila anda menjadi Teknisi pada SMT, apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi tantangan diatas?

Dari cerita diatas, dapatkah anda menghubungkan antar work-group pada jaringan LAN dengan baik dan benar !

 

 

 

 

Cara Kerja : ( Sintak PBL )

1.    Amati dan cermati video yang dipaparkan oleh guru (Orientasi Peserta Didik pada masalah)

2.    Bentuklah kelompok dengan jumlah siswa 4-5 ! (Mengelompokan peserta didik)

3.    Catat point-point penting ataupun hal-hal yang ingin ditanyakan (Membimbing)

4.    Lakukan pencarian menggunakan search engine Google yang ada di HP kalian atau komputer lab cara untuk menghubungkan antar work-group pada jaringan LAN ! (Menyajikan)

5.       Presentasikanlah di depan kelas (Mengevalusai)

 

 

Jawaban :

 

 


1. Identifikasi Kebutuhan Setiap Divisi

Saya akan melakukan analisis kebutuhan untuk setiap divisi terkait pencetakan dokumen, misalnya:

  • Divisi Teknik Mesin: Mungkin lebih sering mencetak gambar teknik dan blueprint.
  • Divisi Teknik Elektro: Bisa jadi membutuhkan pencetakan laporan atau dokumen dengan diagram kelistrikan.
  • Divisi Teknik Informatika: Mungkin lebih sering mencetak kode program atau dokumentasi.

Dari kebutuhan tersebut, saya bisa menentukan printer dengan spesifikasi yang tepat.


2. Perencanaan Topologi Jaringan

Saya akan menggunakan topologi star (bintang) untuk memudahkan pengelolaan jaringan dan sharing printer. Struktur ini memungkinkan setiap unit PC terhubung ke switch, yang juga terhubung ke printer.

Topologi dasar:

  • PC di setiap divisi akan terhubung ke switch utama.
  • Printer akan dihubungkan ke salah satu divisi, misalnya di Divisi Teknik Informatika karena biasanya memiliki keahlian dalam pengelolaan IT.
  • Semua perangkat akan menggunakan IP yang terorganisir dalam satu subnet untuk memudahkan komunikasi antar divisi.

3. Pemilihan Printer yang Sesuai

Saya akan memilih printer yang memiliki fitur berikut:

  • Dukungan jaringan (wired/Wi-Fi/Ethernet)
  • Mendukung berbagai format cetak yang dibutuhkan setiap divisi.
  • Kecepatan cetak tinggi agar tidak menghambat pekerjaan.
  • Dukungan untuk sharing dalam jaringan LAN.

Contoh: Printer Laser dengan fitur Ethernet/Wi-Fi agar mudah dikonfigurasi di jaringan.


4. Konfigurasi Printer dalam Jaringan

Saya akan melakukan konfigurasi printer agar bisa diakses oleh semua PC di setiap divisi:

  • Memberikan IP statis untuk printer, misalnya 192.168.1.100.
  • Menjadikan printer sebagai printer jaringan, sehingga bisa digunakan oleh semua PC.
  • Menggunakan print server jika diperlukan untuk manajemen yang lebih baik.
  • Instalasi driver printer pada semua PC agar mereka bisa mencetak dengan lancar.

5. Pengaturan Keamanan

Untuk memastikan keamanan jaringan printer:

  • Membatasi akses hanya ke PC dalam jaringan SMT.
  • Mengatur hak akses berdasarkan divisi, misalnya hanya staf tertentu yang bisa mencetak dalam jumlah besar.
  • Menggunakan firewall dan VLAN (Virtual LAN) untuk membatasi akses antar divisi jika diperlukan.

6. Pengelolaan Sumber Daya Printer

  • Mengaktifkan fitur print queue agar antrean pencetakan tidak menyebabkan bottleneck.
  • Memantau penggunaan printer dengan print log untuk mencegah penyalahgunaan.
  • Menjadwalkan pemeliharaan rutin untuk menghindari masalah teknis.

7. Pengujian dan Pelatihan

  • Melakukan uji coba pencetakan dari setiap divisi untuk memastikan koneksi berjalan dengan baik.
  • Memberikan pelatihan kepada staf dan siswa tentang cara menggunakan printer dengan efisien.
  • Menyediakan panduan troubleshooting sederhana untuk mengatasi masalah umum.

Menghubungkan Work-Group pada Jaringan LAN

Untuk memastikan setiap divisi dapat terhubung dengan baik dalam satu jaringan LAN, saya akan:

  1. Menggunakan switch terpusat untuk menghubungkan semua PC dalam jaringan lokal.
  2. Mengonfigurasi alamat IP dalam satu subnet, misalnya:
    • Teknik Mesin: 192.168.1.10
    • Teknik Elektro: 192.168.1.20
    • Teknik Informatika: 192.168.1.30
    • Printer: 192.168.1.100
  3. Menggunakan shared folder di jaringan untuk penyimpanan sementara sebelum pencetakan.
  4. Menambahkan printer di setiap komputer melalui alamat IP statis printer.

 


1.       Amati dengan seksama presentasi dari kelompok lain, tuliskan tanggapan/saran untuk penjelasan yang disampaikan oleh kelompok tersebut dengan bahasa yang baik

 

No

Nama Kelompok

yang Tampil

Tanggapan/Saran

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

a.    Rubrik Penilaian Sikap

   Indikator

Aspek Pengamatan

Skor

Disiplin

Hadir tepat waktu

3, Jika ketiga  aspek dilakukan

Pengumpulan tugas tepat waktu

2, Jika Dua aspek dilakukan

Tertib mengikuti pelajaran

1, Jika ketiga  aspek dilakukan

Tanggung Jawab

Mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh

3, Jika ketiga  aspek dilakukan

Mengakui kesalahan

2, Jika Dua aspek dilakukan

Selalu melaksanakan amanat atau perintah

1, Jika ketiga  aspek dilakukan

                  Nilai Sikap : 3=Baik, 2=Cukup dan 1 =Kurang

 x 100%

Instrumen Penilaian Sikap


 

a.    Rubrik Penilaian Presentasi Kelompok

Nama Kelompok         :

Waktu Presentasi       :

Materi                       :

Anggota                     :

No

Kriteria Penilaian

Kurang

20-39

Cukup

40-59

Baik

60-79

Sangat Baik

80-100

1

Penguasaaan Materi

 

 

 

 

2

Alat Peraga & Presentasi

 

 

 

 

3

Kekompakan Pembagaian Kerja

 

 

 

 

4

Pernyampaian

 

 

 

 

                                                                                Nilai Sikap: 3=Baik, 2=Cukup dan 1 =Kurang

                                                             Nilai =  x 100%

  

Komentar

Postingan Populer